Thursday 26 January 2017

Butuh ubah sikap, BJ Habibie minta Ahok Belajar memimpin tanpa SARA dan Memanusiakan Manusia

JAKARTA - Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie meluangkan waktu untuk menemui tiga calon gubernur DKI. Calon gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Anies Baswedan telah memanfaatkan kesempatan emas tersebut.
Ahok dan pasangannya, Djarot Saiful Hidayat, berkunjung ke kediaman Habibie di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2017) malam.
Ahok tiba lebih dulu, sekitar pukul 19.00. Dia disambut oleh mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Habibie Center, Sofyan Effendi.
Sementara Djarot tiba sekitar pukul 19.20. Setelah itu, Habibie baru menemui pasangan calon gubernur-wakil gubernur nomor pemilihan dua tersebut.
Bertemu Habibie, Ahok-Djarot langsung menyalami dan mencium pipi kanan dan kiri mantan Menteri Riset dan Teknologi tersebut. Pertemuan dilakukan di sebuah ruang keluarga dan berlangsung hangat. Pertemuan itu tertutup untuk wartawan.

Di luar pertemuan, Ahok menjelaskan bahwa ia memenuhi janjinya kepada Habibie. "Ini sowan. Waktu itu janji sama beliau (Habibie) pas pulang dari Jerman, kami mau mampir lagi," katanya.
Ahok menjelaskan, pada pertemuan itu, Habibie meminta dirinya dan Djarot Saiful Hidayat, meneladani karakter para pendahulu.
Figur yang dijadikan contoh adalah Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, dan Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto. "Beliau bilang, kalau belajar dari Bung Karno itu nasionalisme dan tidak ada SARA. Nah kalau Pak Harto, tentu belajar memimpin, cara jawab, orang santun Jawa," kata Ahok
"Maksudnya yang santun, mengayomi, yang ngewongke (memanusiakan), itu bahasanya," imbuh Djarot. Menurut Ahok, Habibie juga mempelajari dua hal itu dari Soekarno dan Soeharto.
Ahok mengaku senang mendapat banyak ilmu dari Habibie. "Tadi juga kami bilang (ke Habibie), habis selesai Pilkada, kami akan datang lagi. Ini kan suatu aset, Presiden ketiga masih sehat, bisa kasih saya banyak pengalaman," katanya.
Ahok menyatakan, pertemuan bersama Habibie dan Sofyan Effendi berlangsung hangat. Banyak cerita yang disampaikan dalam pertemuan itu.(TRIBUN)

No comments:

Post a Comment